Anewspatron.com, Jabar - Gempa dengan magnitudo 5.6 SR itu menguncang wilayah Cianjur Jawa Barat pada pukul 13:21:10 WIB tadi.

Dari data BMKG diketahui kalau pusat gempa bumi ini berada di 10 km Barat Daya Cianjur Jawa Barat, pusat Gempa terkini berada di kedalaman 10 Km dengan titik koordinat gempa di 6.84 LS 107.05 BT. Gempa Cianjur terkini ini tidak berpotensi tsunami. 

Dini hari tadi juga BMKG melaporkan gempa bumi terkini melanda di wilayah Indonesia pada hari ini Senin 21 November 2022.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 08.35 WIB, gempa bumi hari ini melanda Kabupaten Cianjur Jawa Barat (Jabar), Enggano Bengkulu, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kisar Maluku Barat Daya dan Gorontalo.

Gempa bumi pertama hari ini Senin (21/11/2022) getarkan Kabupaten Cianjur, Jabar dengan magnitudo 1,7 Skala Richter (SR). Titik lokasi gempa di Cianjur itu terletak pada koordinat di 6.64 LS (Lintang Selatan), dan 107.21 BT (Bujur Timur).

Gempa itu berpusat di darat tepatnya berada di 21 kilometer timur laut Kabupaten Cianjur, Jabar "Kedalaman 2 kilometer," lapor BMKG Wilayah 2.

Peristiwa gempa yang berpusat di Cianjur dengan titik koordinat 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT) juga dirasakan sejumlah daerah hari ini, Senin 21 November 2022.

Tercatat, sedikitnya ada lima wilayah yang terdampak gempa Cianjur berkekuatan Magnitudo 5,6 tersebut. Di antaranya yaitu Bandung, Sukabumi, DKI Jakarta, Depok, hingga Tangerang Selatan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merinci, wilayah terdampak gempa tersebut adalah wilayah dirasakan skala MMI V Cianjur. Kemudian MMI level IV-V di Garut, Sukabumi.

Getaran MMI level III dirasakan di Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah. Selanjutnya MMI level II - III dirasakan di Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok.

BMKG menyebut, gempa susulan mungkin akan terjadi. Untuk itu, BMKG mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya gempa susulan.

Seperti diketahui, BMKG menyatakan gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB pada Senin 21 November 2022 dan berpusat di Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak berpotensi tsunami.

Di pusat gempa, terpantau gentaran gempa sampai merusak rumah, bahkan Gedung di Cianjur dikabarkan mengalami kerusakan berupa tembok yang retak dan kaca pecah.(Pramudya)