Anewspatron.com, Karimun - Maroko tampil impresif saat menghadapi Portugal di babak delapan besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Sabtu (10/12/2022).

Perjalanan Singa Atlas dalam turnamen sepak bola dunia ini terbilang mengejutkan. Di babak penyisihan grup, mereka berhasil menahan imbang finalis piala dunia Kroasia edisi sebelumnya dan meraih kemenangan terhadap negara unggulan lainnya, Belgia serta Kanada.

Di babak 16 besar, Hakim Ziyech dkk sukses memulangkan Spanyol. Meski ketika itu pertandingan harus ditentukan hingga babak adu pinalti. Kini Portugal menjadi korban terbaru Maroko.

Sebagai tim yang tidak diunggulkan The Atlas Lions menampilkan para pemain terbaiknya sejak menit pertama. Yacine Bounou tetap di bawah mistar gawang. Begitu pula Achraf Hakimi, Jawad Yamiq, Romain Saiss, Yahya Attiat-Allah di belakang. Kemudian, Sofyan Amrabat, Selim Amallah, Azzedine Ounahi di tengah, serta Hakim Ziyech, Soufiane Boufal, Youssef En-Nesyri di depan.




Sebaliknya, Portugal kembali memulai pertandingan tanpa Cristiano Ronaldo. Sang megabintang baru masuk bermain dibabak kedua. Fernando Santos menampilkan starting line-up yang terdiri dari Diogo Costa, Pepe, Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Diogo Dalot, Otavio, Ruben Neves, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos.

Gol kemenangan Maroko dicetak oleh Youssef En-Nesyri melalui sundulan hanya beberapa menit sebelum babak pertama berakhir. Di babak kedua, negara Muslim itu memilih bermain lebih defensif. Maroko lolos ke semifinal setelah berhasil mempertahankan keunggulan hingga 90 menit berakhir.

Kemenangan ini cukup penting karena membuat Maroko menjadi tim Afrika pertama dalam sejarah yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Selanjutnya di laga semifinal, Kamis (15/12/2022) Maroko akan menantang Prancis yang sukses menaklukkan Inggris dengan skor 2 - 1 untuk kemenangan Prancis.(Ery)