Anewspatron.com, Karimun - Di Indonesia, Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus. Tidak ketinggalan Kabupaten Karimun melalui UPT Puskesmas Tanjung Balai di Jl. Kartini Kabupaten Karimun. Senin (13/2/2023)

Pemberian Suplemen Vitamin A ini untuk membantu kesehatan mata, meningkatkan daya-tahan tubuh, dan membantu proses pertumbuhan bagi bayi dan balita.

Koordinator Program Gizi UPT Puskesmas Tanjung Balai, Nitalea Mayhesti, S.GZ, menjelaskan pemberian suplemen vitamin A dosis tinggi yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun. Pada bulan Februari dan Agustus Pemerintah akan memberikan kapsul vitamin A kepada bayi dan balita di usia 6-59 bulan.


"bayi dan balita akan mendapatkan Vitamin A yang dosisnya berbeda-beda. Untuk bayi berumur 6-11 bulan akan diberikan kapsul berwarna biru dengan dosis 100.000 IU, sedangkan bayi berumur 12-59 bulan akan diberikan vitamin A kapsul berwarna merah dengan dosis 200.000 IU," ujar Nitalea Mayhesti, S.GZ.

Lebih lanjut disampaikan, Nitalea Mayhesti, S.GZ, diharapkan kepada orangtua yang memiliki balita untuk mendukung program ini dengan membawa bayi dan balitanya ke Puskesmas ataupun Posyandu untuk diberikan Suplemen vitamin A.

"Melalui UPT Puskesmas Tanjung Balai terget pemberian vitamin A biru sebanyak 269 orang, yang sudah diberikan vitamin sebanyak 140 anak. Sedangkan target pemberian vitamin A merah sebanyak 2.930 orang anak dan yang sudah diberikan sebanyak 1.023 anak. Masih banyak balita yang belum diberikan vitamin A karna kurangnya kesadaran ibu untuk membawa balitanya ke Puskesmas ataupun posyandu," terang koordinator program gizi.


Dirinya juga menyampaikan bagi orang tua yang mempunyai bayi dan balita selain pemberian suplemen vitamin A sebaiknya juga tetap didukung dengan asupan makanan yang mengandung vitamin A.

"Harapannya agar masyarakat Indonesia bebas dari kebutaan akibat kekurangan vitamin A," pungkasnya.

Sementara itu Riny (40), salah satu orang tua mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya kegiatan pemberian vitamin A ini.

"Senang sekali, ya, melihat anak-anak kita mendapat perhatian langsung dari pemerintah. Semoga anak-anak kita diberikan kesehatan terus," harapnya.

Kapsul vitamin A ini bisa didapatkan secara Gratis di fasilitas kesehatan terdekat seperti Posyandu, Puskesmas atau Rumah Sakit.(Ery**ANP)