Anewspatron.com, Banten - Dipuncak peringatan hari koperasi tingkat nasional ke 76 tahun 2023 telah memberikan penghargaan kepada para Tokoh yang dipandang berjasa dalam membangun gerakan koperasi di Indonesia, salah satunya adalah Dr. Andika Hazrumy, S. Sos.,M.A.P selaku wakil gubernur Banten periode 2017-2022 dan Penasehat Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Banten.

Dipuncak peringatan Hari Koperasi ke 76 Pada tanggal 23 Juli 2023 bertempat di auditorium Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat. Dengan tema "Membangun
Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern dan Berdigital".


Penghargaan tokoh penggerak koperasi diberikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Turut hadir dalam puncak acara Hari Koperasi tersebut Ketua Umum DEKOPIN Prof. DR. H.A.M Nurdin Halid, Deputi Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, Gubernur Sumatera Barat dan perwakilan gerakan Koperasi dari berbagai Provinsi.

Peringatan hari koperasi ke 76 berlangsung secara meriah dengan berbagai kegiatan yaitu jalan sehat gerakan koperasi dan seminar nasional. Kegiatan di  Padang mengingatkan kembali tempat kelahiran Bapak Koperasi Indonesia  yaitu Bung Hatta yang lahir di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Sebelumnya tanggal 12 Juli 2023 telah dilakukan acara ziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir Jakarta.

Peringatan koperasi ke 76 ini ingin mendorong mengingatkan agar koperasi menjadi soko guru perekonomian rakyat Indonesia sebagaimana diamanatkan Pasal 33 ayat 1 UUD 1945. Koperasi dengan prinsip saling tolong menolong, kekeluargaan dan kegotongroyongan diharapkan jadi wadah usaha yg mampu mensejahterakan rakyat secara sosial ekonomi.(And)