Bapak Zulmanur Arif Kepala Kantor Imigrasi Karimun

ANEWSPATRON.COM, KARIMUN - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun terus melakukan Pengawasan secara berkala terhadap tenaga kerja orang asing, yang berada di Wilayah Kabupaten Karimun, agar terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah kerja Kabupaten Karimun.

Kamis( 13 Juni 2024), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan rutin tahunan dan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing dan pelaksanaan kegiatan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di wilayah kerja Kabupaten Karimun.


Operasi Gabungan Timpora ini dilakukan secara serentak dengan melakukan evaluasi bersama dengan instansi terkait yang tergabung dalam wadah Tim Pengawasan Orang Asing(TIMPORA), Tim Pengawasan Orang Asing  melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan disekitar perairan, dengan operasi menaiki Kapal Isap Pasir Pencari Timah, yang sedang beroperasi disekitar Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini didapati 3 Kapal Isap Pasir yaitu: Kip Rantau Indah Mandiri 2. Dalam pemeriksaan di KIP Rantau Indah Mandiri didapati 2 orang tenaga kerja asing (TKA)  yang berkewarganegaraan Thailand,Kedua TKA tersebut menggunakan ITAS Perairan yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Karimun.


Selanjutnya kapal patroli melanjutkan pemeriksaan di KIP SELE , Dalam pemeriksaan Crew List didapati KIP SELE mempekerjakan lima (5) tenaga kerja asing (TKA ) warga negara Thailand ,Dan saat diadakan  pemeriksaan ada diatas kapal empat (4) orang, karena satu (1) diantaranya mengajukan cuti karena sakit dan turun dari kapal. 

Lanjut pemeriksaan Pada kapal ke tiga dengan nama KIP. CINTA ,pada pemeriksaan tersebut didapati tiga (3 ) tenaga kerja asing(TKA)warga negara Thailand, dan seluruh tenaga kerja asing (TKA) berada di atas kapal.

Setelah dalam pemeriksaan Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di kapal isap pasir(KIP) tersebut tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian dan Warga Negara Asing (WNA) tersebut menggunakan Izin Tinggal Terbatas Perairan yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun.(Full)