Anewspatron.com, Kundur_Karimun - Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) Kabupaten Karimun di Pulau Kundur, H.Yuriadi, A.Md, melakukan pemeriksaan terhadap seluruh hewan qurban sebelum dilakukan pemotongan atau penyembelihan terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan hewan-hewan yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah tahun 2024 sudah dalam kondisi sehat dan layak sebagai hewan qurban.

Dipastikannya terhadap seluruh hewan qurban di seluruh pulau Kundur dalam kondisi layak atau sehat oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), agar masyarakat yang menerima daging qurban tersebut bisa dipastikan tidak merasa ragu saat mengkonsumsinya.

Untuk memastikan kondisi hewan qurban di seluruh pulau Kundur dalam keadaan sehat dan layak, H.Yuriadi, A.Md, menurunkan Dua (2) orang Dokter Hewan, Drh, Rindy Fazni Nengsih dan Drh, Fikri Afrizal, S.KH, bersama Tujuh (7) orang paramedis untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap seluruh hewan qurban di Lima (5) Kecamatan Se-Pulau Kundur, pada Senin (17/6/2024).

Kepala Unit Pelaksana Teknis, Puskeswan Pulau Kundur, H.Yuriadi, A.Md, menyampaikan kepada beberapa awak media di Tanjung Batu baru-baru ini, bahwa pemerikasaan terhadap seluruh hewan qurban dilakukan untuk mengetahui dan memastikan bahwa kondisi hewan-hewan tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk di sebelah pada hari yang sudah di tentukan di tiap-tiap Surau maupun Masjid di seluruh Pulau Kundur, ucapnya.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan terhadap semua hewan qurban agar semua lapisan masyarakat di tiap-tiap desa maupun keluhan yang akan melaksanakan penyembelihan, sudah tau dan dapat dipastikan bahwa hewan-hewan tersebut dalam kondisi sehat dan tidak sakit, sehingga masyarakat tidak memiliki rasa ragu saat mengkonsumsi daging yang diterimanya.

Disampaikan H.Yuriadi (Ka.UPT Puskeswan red) pemeriksaan yang dilakukan pemeriksaan sebanyak 148 ekor lembu dan 198 ekor kambing, di lima (5) Kecamatan Se-Pulau Kundur dan secara keseluruhan dinyatakan dalam kondisi sehat dan layang potong atau qurban, tuturnya.

Selain itu, pengecekan kita lakukan selama beberapa hari sebelum Hari Raya dan terkahir pada Senin (17/6/2024) kita lakukan pengecekan di Masjid Baiturrahman Parit Pacitan, sebanyak Enam (6) lembu dan Delapan (8) ekor kambing, tutur H.Yuriadi, A.Md.

Kendati pengecekan dan pemeriksaan terhadap semua hewan qurban, oleh H.Yuriadi, A.Md, selaku Ka.UPT Puskeswan Pulau Kundur, mendapat acungan jempol dari seluruh masyarakat, mengingat hal tersebut sangat penting untuk mengetahui kelayakan seluruh hewan tersebut dalam kondisi sehat dan layak konsumsi. (Majid)