Irjen Pol DJOKO RUDI. E, SH ,S.Ik, M.Si (Tenaga Pengkaji Utama Hukum & HAM Lemhannas RI)
Anewspatron.com, Artikel - Banyak masyarakat membahas tentang Pimpinan Nasional,Tetapi banyak pula masyarakat , bahkan pimpinan kita sendiri tidak mengerti apa yang di maksud dengan Pimpinan Nasional dan Karakter yang harus dimiliki oleh kepemilikan sebagai wujut dari Pimpinan Nasional. 

*Apa yang dimaksud dengan Pimpinan Nasional itu...?*

Pengertian dan hakekat Kepemimpinan Nasional itu adalah mengandung pengertian dan pemahaman bahwa Kepemimpinan Nasional itu merupakan suatu Standart karakter seorang Pemimpin Nasional sebagai strata standart dalam memimpin strata kehidupan nasional yang terdapat dalam Gatra yang ada , baik pada bidang profesi , baik formal dan informal. 

Ditingkat supra struktural dan infra struktural yang memiliki kemampuan untuk mengerjakan/mengarahkan segenap potensi bangsa dan pendukungnya (komponen Bangsa dan Negara) dalam rangka mencapai Tujuan Nasional (cita-cita cita Bangsa). Dlm mewujudkan tujuan nasional.  

Implementasi kepemimpinan nasional harus mendasari Dasar Negara yaitu Pancasila dan UUD 1945 serta harus memperhatikan dan memahami lingkungan strategis untuk mengantisipasi berbagai kendala dalam pemanfaatan peluang bangsa.

*Itulah arti dan hakekat  Kepemimpinan Nasional yang harus  dimiliki oleh Pimpinan Nasional* 

Banyak masyarakat dan pimpinan kita sendiri tidak mengerti tentang apa itu Kepemimpinan Nasional pada strata Pimpinan Nasional ...!

Sehingga makna dan tujuan Kepemimpinan  Nasional dalam karakter Pimpinan Nasional tidak mendasar dan tidak berpayung berlandaskan dalam koridor strategi dan strata dlm kehidupan nasional .

Adapun kriteria indikator Kepemimpinan Nasional sebagai rumusan dalam  bentuk Indeks Kepemimpinan Nasional Indonesia (IKNI) dlm penciptaan koridor tujuan nasional ada beberapa kriteria antara lain yang harus dinilai dan dipenuhi .

- Indeks Moralitas dan Indeks Akuntabilitas Individual (Bersifat penilaian Individu).

- Indeks Moralitas dan Akuntabilitas Sosial (Bersifat penilaian Sosial /Masyarakat).

- Indeks Moralitas dan Akuntabilitas Institusional (Bersifat penilaian Institusi/organisasi ,golongan, dan konstitusional).

- Indeks Moralitas dan Akuntabilitas Global. (Berwawasan Global ,Regional dan Nasional).
 
Indeks indeks inilah yang digunakan untuk menentukan karakter dalam Kepemimpinan Nasional menuju  Pimpinan Nasional , tentunya harus diimbangi dengan kemampuan Skill dan Soft Skill sebagai pimpinan yang kuat *(Strong Leadership)* sebagai perpaduan karakter managerial *(Managerial Skip)* dan sifat kenegarawanan. Cinta tanah air dan institusi *(Statesmen)* dengan Standart Nasional yg secara keseluruhan merupakan  *Personality Strong* menuju *Good Leader*, yang berwawasan kebangsaan .

*Salam Hormat* 
*Salam Kebangsaan🇮🇩*

Sumber : Irjen Pol DJOKO RUDI. E, SH ,S.Ik, M.Si (Tenaga Pengkaji Utama Hukum & HAM Lemhannas RI)