ANEWSPATRON.COM, KARIMUN - Launching Partisipatif Pengawasan Pemilu oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, tiga hari yang lalu di Costal Area banyak menuai berbagai tanggapan oleh masyarakat Karimun.

Andi Acok Ketua Ormas DPC Patriot Nasional (PATRON) Kabupaten Karimun yang juga diketahui sebelumnya aktif di Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPN-RI) saat dimintai statement terkait pengawasan pilkada 2024, pada awak media ini Selasa (30/7/2024).

"Dikatakanya sudah semestinya peran serta pengawasan dalam pemilu pilkada oleh masyarakat, mengawal proses Pilkada yang jujur adil (jurdil) serta bermartabat dalam berdemokrasi.

Dalam sistem politik demokrasi, Pemilu menjadi salah satu instrumen penting dalam menegakkan demokrasi bagi negara yang menerapkannya. 

Karena Legitimasi Kekuasaan harus diperoleh melalui Pemilu, dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Pemilu didefinisikan sebagai sarana penyelenggaraan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, pungkas Andi Acok.

"Lanjut dikatakannya, kita berharap proses Pilkada dijalankan dengan baik serta transparan, agar menghasilkan pemimpin yang jujur, serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk warganya, "Kita butuh pemimpin yang bisa membawa Karimun untuk lebih maju, khususnya bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan tentunya itu harapan kita bersama. 

Terciptanya pemilu jujur adil transparan Maka akan lahir pemimpin yang berkualitas bukan kuantitas yang hanya memikirkan golongan, kita butuh pemimpin yang benar benar bisa mendengar aspirasi masyarakat demi kemajuan daerah serta rakyat yang dipimpin, maka sekarang saatnya warga harus jeli dalam menyikapi calon pemimpin.

"Lebih lanjut dikatakannya mari kita kawal proses demokrasi pilkada di Kabupaten Karimun ini, sekarang saatnya masyarakat untuk ikut berpartisipatif dalam pengawasan berdemokrasi, dalam gelaran pilkada yang tinggal beberapa bulan lagi, tolak money politik dan laporkan jika diduga ada indikasi penyimpangan, tegas Andi Acok saat di temui di ruangan podcast tempatnya beraktivitas Kelurahan Kapling, Kec Tebing Kab-Karimun (ful**)