Anewspatron.com, Kuba_Karimun - Promosi Wisata Air di Desa Gemuruh  Kabupaten Karimun, yang telah resmi di buka oleh Camat Kundur Barat (Kuba) pada Sabtu (12/10/2024) yang lalu, diharapkan dapat menjadi pengembangan pariwisata melalui desa wisata yang merupakan salah satu usaha yang tengah gencar dilakukan oleh pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut juga telah diuraikan pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.26/UM.001/MKP/2010, yang mana desa wisata merupakan bentuk kesatuan antara akomodasi, atraksi, sarana dan prasarana pendukung wisata yang disajikan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang menyatu dan tak dapat dipisahkan dengan tradisi.

Kendati mengacu pada peraturan tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) Gemuruh Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun, membuka dan mempromosikan objek wisata air dengan memanfaatkan bekas kolong galian timah yang kerap disebut kolam bebek tepatnya di batu kucing Desa Gemuruh.


Kepala Desa Gemuruh, Ari Supriadi Nurfaizal, S.E, menyampaikan, pada Sabtu (12/10/2024) telah dibuka secara resmi, bulan promosi wisata air kolam bebek di batu kucing Desa Gemuruh, oleh Camat Kundur Barat.
Dan dengan telah diresmikannya objek wisata air kolam bebek tersebut, Ari Supriadi mengharap, pengembangan desa wisata dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dalam memajukan dan kesejahteraan desa setempat.

Selain itu, pengembangan desa wisata juga diharapkan dapat memberikan dampak positif serta dapat membantu membuka sedikit lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi pengangguran bagi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Disisi lain dengan adanya objek wisata kolam bebek juga diharap dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam memelihara kelestarian alam sebagai sumberdaya dan kebudayaan masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatannya yang dilaksanakan pada peresmian tersebut,  Turnamen Volly Ball, Pertandingan Domino, Mancing dan Lomba Karoke, kegiatan di  inisiasi oleh Kelompok tani hutan Bersama Bumdes dan Pemerintah Desa, serta di sponsori oleh PT. Timah Tbk.

Sebagai Kepala Desa Ari Supriadi Nurfaizal, mengapresiasi semangat teman-teman di Kelompok tani hutan, ketua panitia berserta RT, Pemuda, pemuka masyarakat, dan juga masyarakat yang telah bersusah payah mempersiapkan segala sesuatu sehingga kegiatan dapat terlaksana dan berjalan sesuai harapan, pungkas Ari, saat diminta keterangan melalui sambungan telponnya, Senin (12/10/2014). (Majid)