Anewspatron.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Patriot Nasional (DPP PATRON) merupakan organisasi masyarakat menyelenggarakan Rapat Silaturahim Nasional dengan tema “Konsolidasi Organisasi, Mengawal kebijakan pemerintah pro rakyat” pada Kamis (22/12) di Menteng, Jakarta Pusat.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah dalam rangka koordinasi dan konsolidasi antara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) untuk menindaklanjuti hasil Rakernas tahun lalu dan dalam rangka menghadapi tahun politik.

“Saya mengharapkan agar silaturahim menjadi sarana koordinasi dan konsolidasi antara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Pengurus Wilayah untuk menetapkan keputusan organisasi tentang koordinasi program yang terfokus,” ungkap Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PATRON Bapak Brigjen TNI (Purn) Drs. Abdul Salam, M.M.

Lebih lanjut Salam mengatakan sangat menghargai semua upaya yang telah dilakukan Dewan Pimpinan Pusat Patron dan Pengurus Patron Wilayah di seluruh Indonesia. Patron terus melakukan konsolidasi dan mempersiapkan organisasi serta perangkat yang diperlukan meskipun dengan segala keterbatasan yang ada.

Keanggotaan Patron bersifat terbuka untuk para putra dan putri anak bangsa yang memiliki banyak ragam keahlian masing-masing. Hal tersebut digunakan sebagai wadah untuk bersinergi dan menyamakan persepsi dalam rangka mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan negara ke arah yang lebih baik. Melalui keterbukaan keanggotaan, Patron sekaligus menerapkan budaya “berpikir dan berbuat untuk rakyat.” Ini artinya semua kader Patron harus akuntabel dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, dan semua harus mendorong akuntabilitas pada jajaran masing-masing sesuai kewenangannya,” Tutup Abdul Salam lulusan Akabri’73 dengan jabatan terakhir sebelum pensiun DANSAT BAIS TNI.

Silaturahim PATRON dihadiri oleh DPP Ketua Umum, Ketua Harian Ir. H. Achmad Lubis, Sekretaris Jenderal Prasetyo Abadi, S.E. Wakil Sekjen I Marwanto Arsyad JR., S.H. Wakil Sekjen II Abdul Rizki, S.Sos., M.Si. Bendahara Umum Hakim Kandow, S.E. Ketua Departemen Organisasi/OKK Abdul Kadir Asegaf, S.E. Ketua Departemen Komunikasi/Humas Andre A. Piri, S.H., M.H. dan Pengurus Patron Wilayah hadir Ketua DPD Patron Jawa Barat Dr. Radar Tri Baskoro, Ketua DPD Patron Sumatera Utara Jaya Kirana Lubis, ketua DPC Patron Tangerang Sudirja (mewakili DPD Patron Banten), Ketua DPD Patron Babel Ir. Anto Assya dan Ketua DPD Patron DKI Bastian menetapkan keputusan organisasi tentang program tertentu yang telah dirumuskan untuk dibawa ke Munas PATRON akan datang. Agenda pembahasannya antara lain adalah keanggotaan PATRON, termasuk penetapan pilihan pada salah satu Capres pemilu 2024.

PATRON telah diresmikan pada 01 April 2004 oleh Ketua Umum Brigjen TNI (Purn) Drs Abdul Salam sekaligus pendiri. Tujuan pembentukan Ormas Patriot Nasional adalah untuk menjembatani kepentingan masyarakat terhadap jalannya roda pemerintahan baik daerah maupun pusat, mengembangkan dan mendayagunakan potensi sumber daya manusia bagi kepentingan bangsa dan negara. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PATRON antara lain pembentukan satuan tugas dalam membantu bencana alam bila terjadi gempa bumi atau tsunami dan kerja-kerja sosial lainnya seperti bedah rumah, pembagian sembako. PATRON juga menyelenggarakan kegiatan pengembangan profesi bagi anggota, kegiatan edukasi bagi masyarakat, dan melakukan kerja sama dengan organisasi profesi lain dalam lingkup nasional dan internasional.(Red_And)