ANEWSPATRON.COM, KARIMUN - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun berhasil menyelenggarakan Operasi “JAGRATARA” Tahap II dalam rangka pengawasan orang asing secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Nomor IMI.5-GR.03.06-325 tanggal 5 Agustus 2024 tentang pelaksanaan Operasi “JAGRATARA” Tahap II.

Operasi dilaksanakan, Rabu (21 Agustus 2024) hingga( Kamis, 22 Agustus 2024) ini, mencakup pemeriksaan di beberapa lokasi penting, Pada hari pertama, tim operasi melakukan pengawasan di PT Bukit Alam Persada, PT Acset Indonusa, dan PT Saipem.



Sementara, pada hari kedua fokus pengawasan dialihkan ke PT Pacific Granitama, PT Karimun Sembawang Shipyard, dan PT Fong Heng Yai.

"Dalam kegiatan ini, tim dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun yang diketuai oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian melakukan berbagai aktivitas penting, termasuk pemeriksaan dokumen, verifikasi status keimigrasian.

Dan melakukan pemantauan aktivitas orang asing di perusahaan-perusahaan tersebut, Operasi ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan keimigrasian dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah kerja.


Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif, menyatakan, “Pelaksanaan Operasi ‘JAGRATARA’ Tahap II ini berjalan dengan baik dan lancar, Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan dan keamanan terkait orang asing di wilayah kami.

"Lebih lanjut dikatakan zulmanur, Ini adalah langkah penting dalam upaya menjaga integritas sistem keimigrasian di Indonesia dengan Operasi “JAGRATARA” Tahap II ini menunjukkan komitmen kuat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun terhadap pengawasan dan penegakan hukum di bidang keimigrasian.

Dengan keberhasilan operasi ini, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengawasan orang asing dan mendukung keamanan nasional secara keseluruhan khususnya di wilayah kabupaten Karimun Kepulauan Riau, pungkasnya. (full/ANP)