Anewspatron.com, Karimun - Kunjungan kerja staff Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Staff BPS Republik Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas data kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tepatnya di Kabupaten Karimun bertempat di ruang kerja Kapolsek KKP Polres Karimun. Kamis (15/8/2024).

Adapun kunjungan tersebut dihadiri dari staf kementerian yaitu Analis Industri Kemenparekraf Gusti Bagus S., Prakom Ahli Madya Kemenparekraf Siti Damariana, Statistik Madya BPS Republik Indonesia Dini Arifatin, Statistik Muda BPS Kab. Karimun Irfan Satriadi Disambut Baik oleh Kapolres karimun dihadiri Kasat Intelkam AKP Budi Tambunan, Kasat Polair  IPTU Sarianto. S.H. serta Kapolsek KKP  IPTU Young Risa S.Sos.

DINI ARIFATIN menyampaikan, bahwa adanya fenomena peningkatan WNA Spanyol dan Philipina terpantau di Kabupaten Karimun berdasarkan sinyal HP yang terdata pada menara Base Transceiver Station (BTS) Pongkar milik Telkomsel. “apakah ada kunjungan signifikan WNA Spanyol dan Philipina melalui Pelabuhan Internasional Kab. Karimun. Ungkap DINI ARIFATIN.

“Bahwa adanya kunjungan wisman pasca  covid 19 meningkat signifikan di pelabuhan Internasional Kab. Karimun yakni Warga Negara Singapura dan Malaysia. Data tersebut diperoleh dari agen kapal penumpang internasional.” Ujar Kapolsek KKP, IPTU Young Risa S.Sos.

“Kewenangan Polres Karimun dalam pengawasan pemantauan lalu lintas kapal berada di 12 mil dari bibir pantai. Terkait pengawasan pemantauan lalu lintas kapal asing di perairan internasional  Out Port Limit (OPL), merupakan kewenangan Baharkam Polri dan Bakamla. Adapun signal Vessel Traffic Services (VTS) lalu lintas kapal asing di perairan Kab. Karimun terdapat di wilayah perairan internasional Out Port Limit (OPL) sejauh 3,5 mil laut dari Desa Pongkar Kec. Tebing kab.karimun. Pungkas Kasat Polair Polres Karimun, IPTU Surianto S.H.

Adapun hasil dari kunjungan kerja tersebut bahwa kunjungan WNA yang memang meningkat signifikan di pelabuhan Internasional Kab. Karimun namun Tidak terdapat kunjungan warga negara Spanyol maupun Philipina ke Kabupaten Karimun. Berdasarkan Pantauan signal Vessel Traffic Services (VTS) di Perairan Desa Pongkar Kec.Tebing merupakan lalu lintas Kapal Asing (Eropa) yang berada di perairan internasional Out Port Limit (OPL) lebih kurang 3,5 mil laut dari garis pantai Desa Pongkar Kec. Tebing, sebagaimana kewenangan Bakamla maupun Baharkam Mabes Polri dalam melakukan pengawasan. 

Tim dari Polres Karimun menyarankan kepada tim kunjungan agar koordinasi dengan KSOP Kota Batam yang memiliki alat deteksi Vessel Traffic Services (VTS) guna mengetahui secara detail terkait lalu lintas kapal asing di Provinsi Kepri.(Rls_ANP)